Search engine atau mesin pencari

Written By pcbolong on Wednesday, April 20, 2011 | 10:43 AM

Search engine atau mesin pencari secara umum dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi atau program komputer yang berguna untuk mencari data atau informasi pada sebuah media penyimpanan (Larry Page,1998). Teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat sekali, yang menyebabkan semakin cepat pula penyebaran data dan informasi. Dengan kondisi seperti ini, keberadaan mesin pencari sangat dibutuhkan untuk mencari data.

Dalam bidang teknologi terutama didalam teknologi internet, mesin pencari sering diimplementasikan bersamaan dengan website, sehingga sering disebut dengan web search engine. Web search engine adalah sebuah aplikasi berbasis website yang mencari data atau informasi yang berada di dalam server public atau internet yang sering disebut dengan World Wide Web (WWW) menggunakan protokol HTTP (Wikipedia.com, 2010). Mesin pencari berbasis web ini dibantu oleh sebuah aplikasi bernama web crawler dalam hal mencari data atau informasi yang dibutuhkan pengguna pada website-website lain yang berjumlah ribuan bahkan jutaan di internet.

Mesin pencari bekerja dimulai dengan menangkap masukan pengguna yang berupa kata kunci dari informasi atau data yang akan dicari. Kemudian dilakukan proses pencocokan terhadap kata kunci dengan menganalisanya apakah terdapat informasi atau data yang relefan pada database mesin pencari dengan kata kunci yang diminta. Jika ternyata terdapat data yang sama pada mesin pencari, data atau informasi tersebut ditampilkan kepada pengguna sebagai hasil dari pencarian. Sebelum data tersebut ditampilkan, dilakukan terlebih dahulu proses pengurutan, yaitu mesin pencari memilih data mana yang layak ditaruh pada posisi pertama. Pertimbangan yang digunakan adalah kecocokan terhadap kata kunci yang diminta oleh pengguna.

0 comments: