Basis Data

Written By pcbolong on Wednesday, April 20, 2011 | 10:45 AM

Secara konseptual, data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya (Fathansyah, 2002).

Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan (Fathansyah, 2002).

Untuk mengolah basis data diperlukan perangkat lunak pengolah basis data. Pernagkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola basis data tersebut adalah Database Management System (DBMS). DBMS adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol dan mengakses basis data dengan cara yang praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk mengakomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda.

Konsep utama basis data adalah :
1. Data dan informasi
2. Manajemen data
3. Basis data
4. Metadata
5. Sistem Manajemen Basis Data

Komponen-komponen dalam basis data disebut dengan entitas, pada entitas akan terdapat atribut yang berfungsi untuk menggambarkan karakteristik khusus suatu entitas.

0 comments: