Diagram Alir Data (DAD) / Data Flow Diagram (DFD)

Written By pcbolong on Wednesday, April 20, 2011 | 10:51 AM

Diagram aliran data atau data flow diagram (DFD) adalah sebuah teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input ke output (Pressman, 2002).

Data Flow Diagram (DFD) sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir misalnya lewat telepon, surat dan sebagainya atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan misalnya, file, kartu, hard disk, disket dan lain sebagianya. DFD merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur. DFD merupakan alat yang cukup populer sekarang ini, karena dapat menggambarkan arus data didalam sistem dengan terstruktur dan jelas. Simbol yang digunakan DFD antara lain :
1. External entity (kesatuan luar) atau boundary (Batas sistem)
Setiap sistem pasti mempunyai batas sistem (boundary) yang memisahkan suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan sistem (external entity) merupakan kesatuan entitas lingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada di lingkungan luar yang akan memberikan input atau output dari suatu sistem.
2. Data flow (Arus data)
Arus data di DFD diberi simbol anak panah, arus data ini mengalir diantara proses, simpan dan kesatuan luar. Arus data ini menunjukkan arus data yang dapat berupa masukan sistem atau hasil dari proses sistem. Arus data sebaiknya diberi nama yang jelas dan mempunyai arti. Nama dari arus data dituliskan disamping garis panah.
3. Process (Proses)
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses. Suatu proses dapat ditunjukkan dengan simbol lingkaran (simbol empat persegi panjang tegak dengan sudut-sudutnya tumpul).
4. Data Store (Penyimpanan data)
Merupakan simpanan dari data yang dapat berupa file atau database di dalam sistem komputer. Simpanan DFD dapat disimbolkan dengan sepasang garis horizontal paralel yang tertutup disalah satu ujungnya.

0 comments: