Topologi jaringan warnet sederhana

Written By pcbolong on Sunday, November 20, 2011 | 11:03 PM

Usaha warung internet atau yang sering disebut dengan warnet sudah sangat menjamur sekarang ini. Di dukung oleh semakin mudahnya mendapat koneksi dengan kecepatan yang besar, semakin menambah menjamurnya warnet di seluruh Indonesia. Dengan adanya produk dari Telkom yang bernama speedy, memungkinkan pengguna untuk dapat membuka warnet hanya dengan modal tempat saja.

Dengan perkembangan teknologi sekarang, banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet, bahkan dengan kapasitas kecepatan dari provider yang kecil. Salah satu teknologi tersebut yaitu konsep web proxy. Singkatnya, web proxy yaitu merekam atau menyimpan alamat web yang sudah dibuka oleh pengguna internet pada computer personal. Tak hanya alamat web saja, web proxy juga menangkap dan menyimpan semua halaman bahkan gambar ataupun video yang dibuka. Web disimpan dalam bentuk file binary yang sewaktu-waktu bisa dipanggil lagi oleh web browser saat pengguna mengunjungi halaman web yang sama. Dengan cara ini, dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi suatu website, karena website yang akan dikunjungi sudah ada di jaringan local. Selain dapat menghemat waktu, dapat juga menghemat bandwith yang dikeluarkan.

Berikut ini adalah topologi rancangan jaringan computer untuk warnet yang sederhana. Hanya membutuhkan sebuah computer server sebagai router dan web proxy, yang kemudian dibagikan ke computer client.


Rancangan jaringan computer untuk internet diatas, menggunakan koneksi internet dari Telkom Speedy. Dari kabel telepon dihubungkan ke modem ADSL. Pada modem ADSL disetting sebagai bridge. Kemudian dari modem ADSL dihubungkan ke pc yang sudah disetting menjadi router dan proxy web server. Dari pc server tersebut baru dimasukkan ke dalam hub/switch, baru kemudian di hubungkan ke tiap computer client dan billing.

Perhatian utama berada pada pc router. System operasi yang digunakan pada pc router lebih baik menggunakan linux. Kenapa linux?karena linux sudah terbukti handal dan mudah di modifikasi untuk digunakan sebagai server. Banyak sekali distro linux yang bisa digunakan, antara lain ubuntu server, clearos, redhat, slackware atau keluarga bsd (freebsd,pfsense,openbsd). Untuk pengguna awam, pergunakanlah linux clearos.

Kenapa clearos? Karena clearos adalah distro linux yang sudah di buat sedemikian rupa dan dipaketkan untuk keperluan server. Banyak sekali fasilitas-fasilitas untuk keperluan jaringan computer yang tersedia, missal web server, file server, dan proxy server. Jadi jika menggunakan clearos tidak perlu mengutak atik lagi untuk menginstall proxy server. Proxy server yang digunakan oleh clearos adalah squid. Clearos sudah menggunakan antarmuka berbasis web.

Selain clearos, bisa juga menggunakan pfsense yang juga memiliki antarmuka berbasis web, yang mudah digunakan, apalagi pfsense merupakan turunan dari keluarga BSD yang terkenal dengan keamanan dan kestabilan system nya.

Anda membutuhkan tenaga untuk setting warnet? Hubungi Jaya Mega Tekno. 085228701265. Mulai dari instalasi kabel-kabel, instalasi jaringan computer server dan desktop, sampai konsep pembagian bandwith yang optimal. www.jayamegatekno.com

2 comments:

Anonymous said...

Very useful blog. Keep up the good work.
[url=http://www.bestairplanesimulatorgames.net]Airplane simulator games[/url]

pcbolong said...

thx anonymous :D