Antivirus gratis dari microsot : Microsoft Security Essentials

Written By pcbolong on Tuesday, November 1, 2011 | 11:00 PM

Pake windows karena terpaksa tuntutan kerjaan, ya setengah-setengah makeknya. Hahaha... windows juga bajakan, sekarang cari antivieus juga yang gratis aja. Terbiasa memakai linux yang notabene tidak memerlukan antivirus, kali ini harus mencari antivirus yang bagus bingung juga. Akhirnya keputusan jatuh pada antivirus gratisan keluaran microsoft.
Masternya bisa didownload di sini : http://mse.dlservice.microsoft.com/download/A/3/8/A38FFBF2-1122-48B4-AF60-E44F6DC28BD8/enus/amd64/mseinstall.exe
Silahkan yang mau nge-download. Saya sudah download, dan sekarang mulai tahap instalasi.Saya menggunakan windows server 2003 R2 64bit. Berikut step-by-step nya :

Seperti biasa, klik 2 kali master nya, lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Setelah itu klik next, akan bertemu dengan tampilan lisensi seperti di bawah ini.

Klik aja bagian "I Accept" biar si microsoft nya senang, hahaha kidding. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Pada tampilan di atas, adalah penawaran untuk bergabung dalam komunitas costumer pengguna microsoft. Saya pilih untuk tidak mengikuti dengan mencentang pada checkbox "I dont want to join the program at this time". Lalu klik next, untuk melanjutkan.

Tampilan di atas adalah untuk optimize security, yang akan melakukan pengecekan terhadap firewall windows, apakah aktif atau tidak. Jika tidak aktif akan dilakukan pengaktifan saat instalasi. saya memilih untuk tidak mengaktifkan dengan tidak mencentang pada checkbox yang tersedia.

Lalu tampilan diatas, adalah pengecekan terakhir oleh sistem instalation, yang menanyakan apakah anda siap untuk melakukan instalasi. Klik "Install".

Setelah itu proses instalasi berjalan, seperti tampilan di atas...

Proses instalasi selesai, Lalu ada pilihan penawaran untuk melakukan scann terhadap komputer setelah instalasi selesai. Saya memilih untuk tidak scann komputer setelah proses instalasi. Klik finish, lalu akan masuk ke halaman update sistem antivirrus.

Tunggu beberapa lama, sistem akan melakukan Checking update, kemudian akan meng-update antivirus. Dan, finally, antivirus siap digunakan. Ingat, tidak ada satupun sistem yang 100% secure. Tetap waspada!! kata bang Napi :D

0 comments: