Makna "hayyaa 'alal-falah" dalam Adzan

Written By pcbolong on Friday, November 4, 2011 | 10:56 AM

Setiap pribadi muslim selalu diingatkan lima kali setiap hari melalui seruan muadzin, "hayyaa 'alal-falah" yang artinya : "bersegeralah engkau menuju kemenangan!". Visi, misi dan aksinya diarahkan untuk menjadikan hidup penuh arti. Tidak ada satu detik pun yang hilang. Tidak ada satu lembar pun dalam kitab kehidupannya yang kosong dari upaya untuk meraih kemenangan. Dia ingin menjadikan dirinya sebagai seorang yang kuat agar mampu menolong yang lemah. Dia ingin menjadi tangan yang di atas, bukan sebagai seorang yang mengemis dengan tangan di bawah. Dia teteskan keringatnya karena dia sangat yakin bahwa setiap tetesan keringat karena mencari ridha Allah akan menjadi mata air yang mewangi surga.

Untuk meraih sukses, dia tidak takut terhadap tantangan, penderitaan, ataupun kegagalan. Baginya, segala kepedihan adalah modal besar untuk merasakan kebahagiaan. Bagaimana akan merasakan terang cahaya bila kita tidak tahu artinya kegelapan. Bagaimana kita akan merasakan keberhasilan bila tidak merasakan pedihnya kegagalan. Mereka tidak takut terhadap hari esok karena pernah hidup di masa lalu. Bukankah hari esok yang akan kita jelang pada akhirnya akan menjadi hari kemarin seperti hari-hari sebelumnya?

Dua paragraf di atas, saya kutip dari buku berjudul "Membudayakan Etos Kerja Islami" karangan K.H. Toto Asmara. Dari dua paragraf tersebut saja, saya menyadari bahwa diri saya ini sangat banyak kekurangannya, dan belum memenuhi kriteria sebagai pribadi yang sukses. Kalimat demi kalimat dalam dua paragraf tersebut sudah meng-inspirasi saya, membuat saya tergerak, membuat saya untuk memotivasi diri sendiri, untuk menjadi sebuah pribadi yang menang.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

0 comments: