Tips mulai beralih ke linux dari windows

Written By pcbolong on Monday, December 5, 2011 | 8:43 PM



Akhir-akhir ini, dibarengi dengan semakin gencarnya kampanye open source di berbagai kalangan, saya banyak juga mendapati berbagai pertanyaan yang bervariasi bentuknya, tetapi maksudnya adalah sama. "Bagaimana cara memulai untuk bermigrasi ke linux dari windows?". Yah...itu lah yang banyak ditanyakan oleh calon pengguna linux dan pengguna aktif a.k.a windowsholic. Pada postingan kali ini saya akan memberikan beberapa tips mudah untuk teman-teman yang akan beralih ke linux.

1. Ngerti apa itu linux.
Sebelum menggunakan linux, kita harus tahu dulu, apa sih linux itu. Linux adalah sistem operasi gratis yang dibuat oleh linus torvald. perbedaan utama linux dengan windows adalah dalam hal pendistribusian. Linux gratis alias kagak perlu bayar kalau mau pakai, beda dengan windows. Walaupun ada beberapa distribusi linux yang berbayar. Selain itu, linux adalah sistem operasi open source alias kode terbuka. Kita bisa dengan bebas memodifikasi linux sesuai kebutuhan. Nah..cukup sampai di sini dulu ngertinya, kalau anda bukan orang IT. Kenapa point pertama ini penting?karena kalau gak kenal, maka gak sayang. Kalau gak sayang, maka makenya cuma bertahan 2 hari palingan :D

2. Pola pikir berbagi.
Kedua, kita harus mempunyai pola pikir untuk selalu berbagi. Linux adalah open source. Linux memberi kita kesempatan untuk dapat berbagi. Maka dari itu kenapa linux bisa berkembang dengan pesat, karena linux lahir dan hidup dari komunitas yang sarat akan pola pikir untuk berbagi. Nah..gunanya apa nih point ke dua? Point ini berguna saat kita nanti menemui kesulitan saat memakai linux sehari-hari. Ya,,kita bisa pergi ke komunitas linux, dan temukan jawabannya di sana. Kita dibantu, maka kita harus membantu. Nah itu maksudnya.

3. Step by step.
Kalau ingin menggunakan linux kita harus sabar. Jangan terburu-buru. Jangan langsung install linux di pc atau laptop kamu. Mulai dari step pertama yaitu install aplikasi open source lain di windows. Seperti misalnya, install open office atau libre office sebagai pengganti microsoft office. Ganti potoshop atau corel draw dengan gimp atau inkscape. Aplikasi open source tak kalah hebatnya dengan aplikasi closed source atau kode tertutup, misalnya seperti blender. Aplikasi yang benar-benar sangar dan gahar untuk membuat animasi yang dapat melebihi kemampuan 3DS. Step kedua, ubah semua format data-data anda dengan format open source. Misal ubah .doc atau .ppt menjadi .odt atau .opt. Nah...step ketiga ini sangat penting. Biasakan pergunakan aplikasi tersebut, dan usahakan jangan gunakan lagi aplikasi closed source. Nah, kalau step ke tiga ini berhasil, Kamu bisa siap untuk install linux di pc atau laptop.

INGAT!! jangan menyerah..dibalik kesulitan dalam menggunakan linux, di situ ada kenikmatan tersendiri.


0 comments: