Rencana Belajar : Jaringan Komputer

Written By pcbolong on Tuesday, December 6, 2011 | 11:35 AM

Rencana perjalanan yang saya buat kali ini bukan merupakan perjalanan untuk wisata, melainkan perjalanan menuju hidup enak. Hidup dimana saya bisa mendapatkan apa saja apa yang saya inginkan. Saya adalah hanya seorang anak muda, yang bisa dibilang sudah gagal dalam jenjang pendidikan. Skripsi sudah selesai, sudah dinyatakan lulus, tetapi sudah lebih dari 1 bulan belum revisi. Belum membayar pendaftaran wisudah juga. Mungkin dosen pembimbing saya sudah enggan untuk menerima revisi dari saya lagi. Mungkin bisa dibilang saya sudah putus asa.

Untuk membayar semua kegagalan saya, saya akan berusaha menjadi yang terbaik dan membuktikan bahwa saya bisa. Untuk mencapai hal ini, saya mempunyai rencana mencari sertifikat-sertifikat international dalam bidang IT yang tentu saja dengan kemampuan yang saya miliki. Saya memiliki kemampuan terhadap linux, jaringan komputer baik lokal maupun internet, dan sedikit mengenai digital forensic dan keamanan komputer. Agar saya bisa mendapatkan sertifikat saya harus terus belajar menambah kemampuan saya.

Rencana perjalanan saya akan terbagi menjadi beberapa point yang akan saya jalankan secara paralel dan simultan setiap hari. Setiap hari-nya saya harus mempelajari mengenai satu buah materi yang berkaitan dengan beberapa kemampuan yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu linux, jaringan komputer, digital forensic, dan keamanan komputer.

Pada postingan ini khusus membahas rencana belajar mengenai jaringan komputer. Di bawah ini adalah point-point yang harus saya kuasai. Dan setiap sub point akan saya pelajari dalam satu hari.
Networking hardware. Cables, connectors, interfaces, hubs, bridges, routers, and other networking devices
Network topology and design. How to deploy and employ networking technologies from 10Mbps up to 1Gbps and beyond
Network addressing and routing. How to design, implement, and troubleshoot common network addressing, subnetting and supernetting, and name resolution services
Common network protocol suites. Includes some or all of TCP/IP, frame relay, ATM, X.25, and so forth (may occasionally also include legacy protocols like IPX/SPX, NetBEUI, SNA, and so forth)
Common network services. Includes protocol-related request-reply sequences, traffic patterns, related packet formats, and so on
Network attack and pathology signatures. Includes common attacks (Denial of Service, Distributed Denial of Service, Ping of Death, and so forth) and misbehaviors (broadcast storms, excessive errors, and so on)

1 comments:

FridiGraph said...

mangstab masbro, semoga sukses!!!