Digital Forensic

Written By pcbolong on Saturday, October 22, 2011 | 8:21 PM


Digital forensic adalah sebuah cabang dalam ilmu komputer yang mempelajari mengenai investigasi, analisa, recovery, dan management data dari media digital yang biasanya setelah terjadi aksi kriminal cyber. Digital forensic memiliki sub cabang keilmuan lagi, yaitu komputer forensik, mobile device forensic, network forensic, dan database forensic.

Computer forensic
Tujuan dari computer forensic adalah untuk menjelaskan mengenai jejak atau status dari sebuah perangkat digital, seperti sistem komputer, media penyimpanan, atau dokumen elektronik. Bidang keilmuan ini biasanya dihubungkan dengan ilmu komputer, embedded systems, dan memory statis seperti usb.

Mobile device forensics
Mobile device forensics adalah salah satu cabang keilmuan dari digital forensik yang mempelajari bagaimana me-recovery data digital dari sebuah mobile device. Ini berbeda dengan computer forensics, dalam mobile device forensics sangan berhubungan dengan sistem komunikasi seperti GSM atau cdma, dan biasanya juga berkaitan dengan mekanisme penyimpanan. Proses investigasi biasanya difokuskan pada data yang sederhana seperti data panggilan, dan komunikasi seperti email atau sms, dan juga data yang sudah terhapus dari media penyimpanan mobile device. mobile devices biasanya juga bisa digunakan untuk menemukan informasi mengenai lokasi, yaitu mengunakan GPS atau alat pencari lokasi atau melalui cell site logs, yang melacak perangkat yang masuk di dalam range nya.

Network Forensics
Network forensics berkonsentrasi pada monitoring dan analisa traffic data pada jaringan komputer, baik lokal maupun WAN/Internet, untuk mendapatkan informasi, evidence collection, ataupun deteksi serangan.

Database forensics
Database forensics adalah cabang dari digital forennsics yang mempelajari aktivitas forensics pada database dan metadatanya. investigasi dijalankan menggunakan kontent dari database, log files, dan pada data RAM untuk membangun suatu informasi yang berkaitan untuk di recover.

Itulah beberapa cabang dari digital forensics, yang akan saya pelajari, karena berdasarkan vision board yang telah saya buat, untuk mendukung semua tujuan-tujuan hidup saya, saya memilih bidang keilmuan networking,security dan digital forensics sebagai penunjangnya.

0 comments: