Pengeluaran negara yang sia-sia; Tak akan terjadi jika menggunakan linux

Written By pcbolong on Thursday, October 27, 2011 | 1:04 PM

Iseng-iseng dengan mata ngantuk dan rasa ingin bubuk tapi kerjaan numpuk, saya melakukan blog walking.. Tapi saya malah kecantol di sebuah web, bukan sebuah blog. Ini web nya. http://www.lpse.depkeu.go.id . Silahkan buka saja sendiri, dan silahkan lihat-lihat lebih dalam-dalam dan dalam lagi. Dan ini yang saya dapatkan :


Apa ini?ini adalah data pengumuman lelang pengadaan lisensi. Lisensi sebuah software keamaanan untuk PC, dan biasanya lisensi ini hanya untuk beberapa waktu yang sudah ditentukan oleh produsen aplikasi. Dengan kata lain, setiap waktu yang telah ditentukan, akan selalu diadakan lelang untuk menyediakan lisensi. Ini baru salah satu hal...yang menurut saya ini tidak perlu dilakukan oleh departemen milik negara, apalagi negara sebesar dan semiskin (rakyatnya) INDONESIA MERDEKA RAYA SEJAHTERA. Pengadaan lelang seperti ini tidak akan pernah dilakukan jika departemen tersebut menggunakan sistem operasi linux atau open source lain nya, dan merekrut pegawai bagian IT yang benar2 kompeten alias tidak abal-abal. Saya mengatakan bahwa tidak ada lelang jika menggunakan linux, bukan berarti linux adalah tidak bisa ditembus atau 100% secure. Bukan begitu. Tetapi setidaknya, bisa menghemat pengeluaran negara hanya untuk membeli lisensi. Coba lihat nilai lelang yang tertera.. 500 juta lebih!!!500 JUTA!! Jika memang benar depkominfo dan ristek bekerja dengan benar, maka 500jt ini tidak akan dibuang cuma buat beli lisensi.

Ironis sekali...dulu saja waktu saya masih menggunakan windows, saya cari di salah satu mesin pencari untuk lisensi sebuah software berbayar. Hahahaha.... apalagi setelah pakai linux...cuma bayar listrik doang buat idupin komputernya.

0 comments: