Opencourse pertama saya

Written By pcbolong on Wednesday, October 26, 2011 | 10:19 PM

Open course ware adalah sebuah web application yang memberikan fasilitas berupa media pembelajaran. Di dalam sistem tersebut terdapat berbagai komponen-komponen pembelajaran dari berbagai disiplin ilmu yang disediakan oleh penyedia open course ware, antara lain mulai dari silabus materi, video, source code, literatur, quiz, and many more.

Saat ini saya tertarik sekali untuk mengikuti salah satu atau salah beberapa opencourseware dari universitas-universitas terkemuka di dunia, yaitu MIT dan Hardvard. Saya mengharapkan dengan mengikuti opensourceware tersebut dapat menambah kemampuan saya, dan dengan ini saya bisa semakin banyak sharing pengetahuan dengan teman-teman yang menggeluti bidang yang sama.

Open course ware dari masing-masing universitas diadakan 1 jam setiap hari-nya. Jadi saya membutuhkan waktu 2 jam untuk semedi, untuk belajar perharinya. Tetapi saya memiliki jadwal, untuk menyelesaikan minimal 3 sampai 5 materi setiap harinya dari kedua universitas tersebut. Hal ini harus saya lakukan karena saya sudah memiliki gelar sarjana atau S1, tetapi ilmu yang saya dapat dari tempat saya mengambil S1 tidak cukup atau masih kurang.

Berikut ini adalah materi-materi dari kedua universitas untuk hari ini yang harus saya pelajari.
Materi dari MIT
Pokok bahasan pertama adalah "Introducing to Computer science and Programming" yang meliputi beberapa sub pokok bahasan yaitu :
1. Introduction and Goals; Data Types, Operators, and Variables.
2. Branching, Conditionals. and Iteration.
3. Common Code Patterns: Iterative Programs.


Materi dari Hardvard
Pokok bahasan pertama adalah "Introducing to Computer science I" yang meliputi beberapa sub pokok bahasan. Tetapi hari ini saya hanya akan mempelajari satu sub pokok bahasan yaitu :
"Introduction, Bits, Binary, ASCII, Programming, Algorithms, Scratch, Statements, Boolean Expressions, Conditions, Loops, Variables, Threads, and Events".


OK, Kuliah dimulai, Bismillah.... Oiya,,,jangan lupa kerjain project an juga, biar bisa bayar listrik sama tagihan speedy, biar tetep bisa belajar terus. SMANGAT!! :D

0 comments: