"SIOCSIFFLAGS: invalid argument"

Written By pcbolong on Thursday, September 29, 2011 | 4:12 AM

Ada teman yang curhat, saat dia mau set ip address untuk ether 0 di linux, muncul peringatan seperti ini : "SIOCSIFFLAGS: invalid argument"

Setelah di cek dan ricek, pesan kesalahan tersebut muncul saat terjadi dua hal, yaitu :
1. Salah perintah atau argument yang digunakan.
2. NIC atau lancard di ether yang bersangkutan tidak terdetek. Tidak terdetek di sini, bisa berarti rusak atau mati, dan bisa juga driver chipset lancard tidak didukung atau belum ada pada distro linux yg dipakai.

Solusi untuk penyebab yang pertama sudah jelas, kita bisa mencari di google atau membaca manual mengenai ipconfig.

Solusi untuk penyebab yang kedua, ada beberapa, diantaranya :
1. cek apakah lancard benar-benar sudah terdeteck oleh sistem operasi dengan perintah ifconfig -a . Jika ada nama chipset lancard dari keluaran nya, berarti lancard sudah terdeteck dan siap digunakan. Lalu bisa menggunakan perintah ifconfig eth0 192.168.10.3 netmask 255.255.255.0 up untuk setting ip atau dengan menggunakan perintah netconfig .

2. Jika lancard ternyata tidak ditampilkan, berarti bisa berarti rusak atau driver chipset tidak didukung. Jika rusak atau mati silahkan beli baru, pokoknya ganti dengan yang masih hidup. Untuk mengetahui apakah mati atau driver tdk terdeteck, bisa dicoba pindahkan lancard ke pc lain yang berbeda sistem operasinya, atau bisa juga dengan melihat pada bios. Kalo memang di bios ditunjukkan bahwa lancard tersebut terdeteck, silahkan install manual menggunakan driver yang sesuai dengan sistem operasi, yang biasanya dapat didapatkan di website resmi merek lancard.

Sekian pengalaman saya, jika ada yang mau memberi tambahan atau kritik saran, silahkan. :D
Ayo sama2 belajar...salam..

0 comments: