Reset password root slackware

Written By pcbolong on Sunday, July 17, 2011 | 3:42 AM

Beberapa waktu lalu ketika saya akan ujian skripsi, dengan perasaan tidak enak membuka slackware. Dan ternyata.....tara....saya lupa password root nya. Dan sekarang saya sudah memegang kendali lagi. Berikut caranya :

1. booting menggunakan slackware cd seperti pada waktu akan melakukan proses instalasi.

2. mount partisi root dari slackware. jika kurang yakin dengan patch partisi dari direktori root dapat dilihat dengan perintah

fdisk -l

akan muncul nama-nama patch drive partisi yang digunakan. Pilih partisi root slackware, kemudian mount dengan menggunakan perintah :

mount /dev/sda1 /mnt

4. setelah proses mount selesai, edit file /etc/shadow yang ada di dalam partisi root. karena tadi sudah di mount ke dalam directory /mnt, maka file berada di direktori /mnt/etc/shadow. untuk edit gunakan perintah di bawah ini :

vi /mnt/etc/shadow

edit pada bagian paling atas yaitu :

root:[tidak usah di isi/kosongkan]:1547846:0:65466698:5:::

yang ada di dalam tanda kurung siku diatas adalah merupakan enkripsi password untuk root. jadi hilangkan saja agar saat booting normal tidak membutuhkan password. kalau sudah di edit, simpan dengan perintah :wq

5. lalu reboot , dan booting normal alias tidak dari cd instalasi. kemudian saat login enter saja, tidak menggunakan password, dan anda sudah masuk ke dalam sistem dengan account root. selamat!!

untuk memberi password root menggunakan perintah :

#passwd

dan isikan password root anda.

0 comments: