Keranjang Masjid

Written By pcbolong on Sunday, August 28, 2011 | 11:24 AM

Kemajuan teknologi belakangan ini sangat pesat sekali. Hal ini ditandai dengan semakin bertambah banyak dan cepatnya informasi dan data yang mengalir di internet. Salah satu faktor penyebab kemajuan teknologi adalah dipengaruhi oleh kebutuhan yang semakin bertambah komplek dari hari ke hari.
Dari beberapa kalimat di atas, saya berpikir kenapa kita tidak memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk melakukan kebaikan yang berhubungan dengan umat banyak. Misalnya bisa kita aplikasikan teknologi tersebut untuk membuat suatu sistem yang bisa menyatukan seluruh masjid yang ada di dunia. Langsung saja akan saya jelaskan ide saya ini.
Dengan maksud untuk mempermudah umat mendapatkan informasi mengenai segala sesuatu yang menyangkut kegiatan keagamaan sekaligus dapat mempererat silaturahmi, maka dapat dirancang sebuah sistem yang saya beri nama “Keranjang Masjid”. Sistem ini akan diimplementasikan menggunakan konsep jaringan. Dari satu masjid ke masjid yang lain akan dihubungkan menggunakan jaringan local area network. Di dalam setiap masjid terdapat server yang akan melayani kegiatan pengurus masjid yang dapat menunjang kegiatan masjid.
Dengan konsep ini, kita dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan banyak hal, antara lain streaming ceramah, streaming tadarus Al-Quran, atau sistem terintegrasi yang mengatur zakat, sodakoh, atau infaq. Dari sistem yang terintegrasi tersebut kita dapat melakukan pendataan saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan uluran tangan kita, atau hal lain. Dengan cara ini juga, langkah kita dalam mengelola masing-masing masjid dapat dilakukan secara bersama, karena setiap masjid saling memiliki hubungan yang tentu saja dapat sangat mempererat silaturahim.
Beberapa keuntungan yang dapat kita ambil yaitu dapat mengurangi biaya operasional, dapat dengan mudah dan cepat mengalirkan informasi dan data (misal jika ada berita kematian), dan lain-lain. Berikut ini saya gambarkan topologi yang saya rancang.

Sederhana saja topologi nya. Tiap masjid terhubung dengan menggunakan wireless agar mengurangi jumlah pengeluaran insfrastruktur. Tiap masjid rencana akan ada studio streaming radio, tv lokal jika hardware memungkinkan, streaming ceramah, tadarus, database warga yang akan berguna untuk keperluan zakat, infaq dan sodaqoh dan juga portal bersama keseluruhan dari jaringan yang terhubung yang berisi berbagai informasi yang dapat diakses oleh semua masjid. Sehingga tiap masjid bisa saling berkomunikasi dalam portal tersebut.
Yah, ini hanya rancangan dan rencana ide saya. Saya hanya bisa mengeluarkan dan menuliskan semua yang saya pikirkan. “sampaikanlah walaupun hanya 1 ayat”.

0 comments: