Install PostgreSql 8.2

Written By pcbolong on Friday, April 3, 2009 | 2:25 PM

Assallamu'alaikum...
Nih mau posting draft simpenan lagi.....Langsung ajah

PostgreSQL adalah sebuah database yang berorientasi objek (ORDBMS), yang dibikin di bawah licensi BSD. PostgreSQL memiliki fitur yang handal, antara lain :
- mendukung Unicode (UTF-8 (4-byte))
- mendukung expression, partial, reverse, dan GiST
- mendukung domain
- Integritas data terjamin
PostgreSQL mendukung banyak bahasa pemrograman seperti C, C++, Python, Java, PHP, Ruby, and etc...PostgreSQL sangat powerful untuk pembuatan aplikasi dekstop atau aplikasi dekstop mulai dari yang simple sampai yang rumit yang memproses jutaan data.

Saya akan menginstall postgreSQL di Ubuntu 7.10 (Feisty Fawn)di laptop saya. Ubuntu yang saya gunakan versi 8.2. Versi terakhir sampai sekarang yaitu 8.3. PostgreSQL 8.2 sudah ada di dalam dvd kumpulan repositori yg saya punya. Tapi juga dapat didownload di sini . Setelah itu buka terminal, dan akses sebagai root.

Ketikkan:
root@laptopKemproh:~# apt-get install postgresql-8.2
maka postgresql-8.2 akan diinstall otomatis, bersama dengan paket-paket pendukungnya, yaitu postgresql-client-8.2, postgresql-client-common, dan postgresql-common.

Sekarang postgreSQL sudah terinstall. Untuk dapat menggunakan nya kita harus mengganti password user postgreSQL. Defaultnya, user postgreSQL bernama postgres dan passwordnya tidak pake password. Untuk dapat mengganti password, harus masuk menjadi user postgres
root@laptopKemproh:~# su postgres
lalu agar dapat menjalankan psql command, masuk ke database awal yang otomatis dibuat saat proses instalasi, yaitu database postgres, dengan perintah:
postgres@laptopKemproh:/root$ psql postgres
maka screenshotnya seperti di bawah ini:
kemudian jalankan perintah untuk mengganti password:
postgres=# ALTER USER postgres WITH PASSWORD 'secret';
ganti secret dengan password anda, dan simpan baik-baik. Untuk keluar dari psql command dengan mengetikkan :
postgres=# \q

Nah, sekarang postgreSQL sudah bisa digunakan. Sebagai contoh awal, saya akan membuat database pertama saya. Database pertama akan saya beri nama 'first'
Untuk membuat database ini, harus masuk sebagai postgres user. Caranya seperti yang di atas. Untuk membuat database ketikkan :
postgres@laptopKemproh:/root$ createdb first

untuk melihat list database yang sudah dibuat, ketikkan \l. Tetapi kita harus masuk dulu ke salah satu database. Misal kita masuk ke database first (cara masuk ke database ada di atas), dan ketikkan:
first=# \l
maka hasil nya adalah
Cukup untuk hari ini. Wassalamu'alaikum WrWb

0 comments: