FOR LOOP

Written By pcbolong on Saturday, April 18, 2009 | 1:16 PM

Syntax untuk looping adalah...

for%%parameter in(set) do command

contoh penggunaannya adalah :

@echo off
cls
for %%a in (aku, angga, gituloh) do echo %%a


nah hasil output

aku
angga
gituloh

keliat kan bedanya ama postingan sebelumnya yg mengenai dasar paramater???Intinya fungsi for loop mendeklarasikan variabel %%a dan assigned nya dengan nilai yg beda, sebagai contoh saya memberi nilai (aku, angga, gituloh) dan untuk menampilkan nya menggunakan command echo %%a. Jadi lebih simple bukan..???
Fungsi foor loop ini akan menjadi powerful jika kita dapat memodifikasi nya...salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

@echo off
echo.
echo saya akan menghapus file:
echo %1 %2
echo.
echo tekan ctrl+c untuk menghentikan proses
pause
for %%a in (%1 %2) do del %%a
echo hapus file, misi terlaksana...


simpan, dan jalankan dengan command :

C:\DOCUME~1\billing>for.bat aaa.txt
perintah di atas dengan asumsi terdapat file aaa.txt yang akan dihapus....

lalu keluaran nya adalah :

saya akan menghapus file:
aaa.txt


tekan ctrl+c untuk menghentikan proses
Press any key to continue . . .


lalu tekan ctrl+c akan muncul prompt ini:
Terminate batch job (Y/N)? y
jika y maka akan keluar. Kalo mau langsung keluar ya tinggal pencet sembarang tombol ajah...dan sekarang liat bahwa file aaa.txt sudah terhapus....taraaaa. aaa.txt bisa juga diganti dengan *.tmp atau *.bak

En0u9h_4-2day

0 comments: