pnjelasan hello world

Written By pcbolong on Friday, March 6, 2009 | 11:44 AM

Assallamu'alaikum...nah lo...ketemu lagi dah...
langsung aja, soalnya waktune mepet...ntar jam 12 jaga warnet.hehe......sekarang aku mau nerangin script "hello world" yang kemaren.....ini nih penjelasane...

global _start --> mendeklarasikan _start sebagai linker (ld).
section .data --> penamaan section (.data) untuk format elf dan HPPA
hello db "hello world!", 10 --> string yang akan ditampilkan, yaitu "hello world!"
length equ $-hello -->panjang string
section .text -->sama seperti section .data
_start: -->memanggil linker _start yang sudah didefinisikan diatas
mov eax, 4 ;nulis ke file
mov ebx, 1 ;menangani fungsi STDOUT
mov ecx, hello ;nulis pesan yg ditmplkan ke register
mov edx, length ;ukuran pesan
int 80h ;mejalankan syscall
xor ebx, ebx ;send 0 sebagai "exit code"
mov eax,1 ;terminate process
int 80h ;menjalankan syscall

nahh...ngono kui ketoke penjelasan kasarnya...untuk lebih jelasnya bisa sms ke 7777 nanti akan saya bales langsung dari hp saya.hehehehehe.....
becanda...
mmmmm....masih seperempat jam lagi....belajar lagi ah...

wassalam

0 comments: