Hello World!!

Written By pcbolong on Friday, March 6, 2009 | 11:42 AM

- Pertama megang nasm, aku pengen bisa jalanin "hello world", kaya kalo pertama kali belajar bahasa pemrograman. nah...sulit banget cari referensi buat nasm, karena banyak bgt jenis2 nya assembly (nasm, asm, tasm, etc).
- akhirnya ketemu juga satu artikel yang lumayan menjelaskan. nih disini nih gue dapetnya langkah2 dan skript buat nampilin hello world :
http://www.daniweb.com/forums/forum125.html
-langsung aja, ni langkah2 bikin helloworld :
buka gedit, vi, atau vim. pokoknya text editor,
phlonthos@phlonthos:~$ gedit halo.asm
trus ketikkan code dibawah ini.


global _start
section .data
hello db "hello world!", 10
length equ $-hello
section .text
_start:
mov eax, 4 ;nulis ke file
mov ebx, 1 ;STDOUT handle
mov ecx, hello ;pesan yg ditmplkan
mov edx, length ;ukuran pesan
int 80h ;mejalankan syscall
xor ebx, ebx ;send 0 sebagai "exit code"
mov eax,1 ;terminate process
int 80h ;menjalankan syscall


nah trus simpan dengan extensi .asm, ex:halo.asm
trus buka terminal, ketikkan: (nama file yg kubuat halo.asm)
phlonthos@phlonthos:~$ nasm -f elf halo.asm
hehe..penjelasan mengenai perintah diatas, aku rapatio donk...jadi ku jelasin ntar aja ya.tak googling dulu.
nah habis perintah di atas, ketik lagi ini:
phlonthos@phlonthos:~$ ld -o halo halo.o
terus ini :
phlonthos@phlonthos:~$ ./halo
nah keluar deh outputnya:
hello world!
nah segitu dulu yak....ntar kulanjutin lagi. otre????
wassallam

0 comments: