Primary Domain Controller dengan Slackware Bag.1

Written By pcbolong on Sunday, May 3, 2009 | 1:14 PM

Bissmillah...
Primary Domain Controlles atau PDC adalah sebuah server yang berbasis Samba dimana setiap user dapat log on melalui komputer windows yang manapun dalam jaringan windows tersebut. Dimana proses autentifikasi dan otorisasi nya disediakan oleh samba server sebagai domain controller utama dalam domain tersebut.

Di samping itu setiap user Samba yang login melalui komputer windows (windows NT/2000/XP) akan memiliki profile yang tersimpan pada Samba server sehingga ketika user tersebut berhasl login ke domain melalui komputer lainnya akan selalu menggunakan profilenya yang sudah tersimpan pada Samba server, hal ini akan memudahkan user mengakses file dan direktori nya dari manapun dalam jaringan dan tetap serasa pada komputernya sendiri meskipun logon ke domain melalui komputer yang berbeda.

Hehe ....sangar...hasil mengunduh di mbah gogel nih. Ok..langsung aja praktekkan.

1. Jika belom ada Samba di Linux nya, instal dolo. Di sini saya tidak akan menjelaskan mengenai cara penginstalan samba server. Karena saya menggunakan Slackware 12, jadi udah terinstall samba nya. Cara nge ceknya udah ke install sambanya apa belom, silahkan ketikkan
#pkgtool pada console. Nah akan keluar tampilan seperti di bawah ini :

Trus pilih "View the list of files contained in package". trus di enter. Cari deh package samba...kalo ada berartis sudah terinstall.

2. Lalu kita konfigurasi sambanya biar bisa dijadikan sebagai PDC. Yaitu dengan mengedit file smb.conf. File ini biasanya ada di /etc/samba/

kalo file smb.conf belom ada copy file smb.conf-sample dan ubah namanya menjadi smb.conf dengan perintah :
#cp smb.conf-sample smb.conf

Buka smb.conf dengan menggunakan text editor. Saya menggunakan vim, maka ketikkan :
#vim smb.conf
secara default ada konfigurasi seperti di bawah ini :

[global]
workgroup = WORKGROUP
server string =
samba server
security = user
;local master = no
;os level = 33
;domain master = yes
;preffered master = yes
;domain logons = yes

; add user script = /usr/sbin/useradd %u
; add group script = /usr/sbin/groupadd %g
; add machine script = /usr/sbin/adduser -n -g machines -c Machine -d /dev/nul
; delete user script = /usr/sbin/userdel %u
; delete user from group script = /usr/sbin/deluser %u %g
; delete group script = /usr/sbin/groupdel %g

ganti baris tersebut dengan seperti di bawah ini :

[global]
workgroup = pcbolong.org
server string = vito
security = user
local master = yes
os level = 65
domain master = yes
preffered master = yes
domain logons = yes

add user script = /usr/sbin/useradd %u
add group script = /usr/sbin/groupadd %g
add machine script = /usr/sbin/useradd -n -g machines -c Machine -d /dev/nul –s /sbin/false %u
delete user script = /usr/sbin/userdel %u
delete user from group script = /usr/sbin/deluser %u %g
delete group script = /usr/sbin/groupdel %g

Simpan file smb.conf

3. Cek konfigurasi dengan perintah :
#testparm
jika keluarannya seperti di bawah ini berarti sudah bener. Kalo masih ada error nya, silahkan dicek ulang konfigurasi nya.


4. Aktifkan service samba. Ada dua yg dipakai yaitu smbd dan nmbd. Smbd adalah aplikasi server atau daemon yang menangani proses sharing file/direktori dan printer, juga menangani proses autentikasi dan otorisasi SMB client. Sedangkan nmbd adalah aplikasi atau daemon yang menudung Netbios name service dan WINS, yang juga membantu proses network browsing pada windows client. Aktifkan dengan perintah :
#smbd
#nmbd
Cek apakah smbd udah jalan, dengan perintah :
#ps ax | grep smbd
hasilnya jika aktip adalah :


cek nmbd :
#ps ax | grep nmbd
jika aktip keluarannya :


5. Buat user root di Samba
# smbpasswd –a
dan tambahkan group machine
# groupadd machines

Nah beress...sekarang tinggal cek di client, yaitu windows. Untuk pengecekan akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Enough for ToDay!




0 comments: