Public Access Unix System

Written By pcbolong on Wednesday, September 16, 2009 | 5:26 PM

Awalnya penasaran mengenai SSH. Trus ada temen di id-ubuntu yang posting mengenai free ssh. Ah coba-coba, dan inilah review nya....

Beberapa link informasi mengenai situs penyedia ssh:
ttp://www.red- pill.eu/freeunix .shtml
http://www.bylur. net/free/

Pilihan saya jatuh pada http://m-net.arbornet.org karena web ini menyediakan free ssh dengan spesifikasi sistem operasi free bsd (saya pengen belajar free bsd)...

Untuk mendapatkan free accounts langsung menuju link
http://m-net.arbornet.org/free_shell_accounts.php
dan klik link yang digunakan untuk mendaftar by telnet..maka akan muncul seperti ini
Isinya adalah berbagai macamk peraturan, klik sembarang untuk lanjut....kalo mau baca silahkan, g ya silahkan. Setelah itu
Nah ini juga sama....
Nah ketik sembarang lagi..dan akhirnya...
menanyakan username yang dipakain untuk login...isi terserah anda, lalu klik enter...dan,
ini menanyakan nama lengkap pengguna, isi nama sesuai ktp (hehe becanda)...dan klik enter...
kemudian disuruh memasukkan password yang akan digunakan saat login. isi sesuai pasword and, kemudian klik enter..
dan ditanya password lagi sebagai verification....tekan enter lagi...
nah ini ditanya shell apakah yg akan kamu pilih nanti..nantinya shell ini yg akan km gunakan setiap km login..tapi sebenernya, km bisa ganti tipe shell ketika login. ada pilihannya gitu. skrg, tuliskan list dan tekan enter. maka akan muncul list shell sebagai pilihannya...
pilihannya ada csh, tcsh, ksh, sh, bash, zsh...penjelasan masing2 type akan saya jelaskan pada postingan berikutnya...
langsung pilih aja, saya pilih bash (karena taunya cuma bash) dengan mengetikkan bash lalu tekan enter.
Lalu akan ditanya text editor apa yg akan anda gunakan, ketik list juga untuk melihat pilihan
saya memilih pico. Penjelasan yg laen, mungkin akan saya jelaskan juga di lain kesempatan...lalu akan ditanya email address anda. masukkan email address anda yg aktip. langsung tekan enter lagi.
lalu akan ditanya mengenai pekerjaan anda..isi saja, ini sekedar untuk data bagi mereka. lalu tekan enter...
trus jenis kelamin (gender)
trus tgl ulang tahun anda...dan enter..taraaa....data2 yg anda isikan tadi muncul semua
Jika anda ingin mengubah tekan hurup depan sesuai list, jika tidak tekan enter saja.
UdAh...account anda di web ini sudah jadi...dan anda disuruh login..masukkan password anda tadi. Dan...taraaaa lagiiiiiii
shell unix anda dengan system operasi free bsd siap di utek-utek...nah kalo belom sama sekali mengenal mengenai free bsd bisa langsung kesini www. freebsd.org....
Untuk selanjutnya, jika anda mau langsung , masuk ke telnet langsung ketikkan ini
telnet://m-net.arbornet.org
di browser anda..dan langsung masukkan username dan password...selamat mencoba :)

Sekian dulu, semoga bermanfaat.....
Do it What You Want Do

1 comments:

Anonymous said...

coba koment